RajaBackLink.com

7 Tips Membuat Slide Presentasi yang Baik dan Menarik

3 menit waktu baca

Menampilkan sebuah desain presentasi yang menarik memang banyak sekali orang yang menginginkannya, namun tidak banyak sekali orang mampu membuat desain presentasi tersebut menjadi menarik malah terlihat mencolok dan akhirnya membuat presentasi menjadi terlihat norak dan kaku.

Kurangnya pengalaman dan penyesuaian desain mungkin menjadi faktor utama sebab desain presentasi kamu kurang menarik. Walau tidak berpengalaman desain, kamu bisa saja menggunakan template desain presentasi yang sudah jadi bertebaran di internet sana atau bisa gunakan saja template desain di desainkit lengkap juga loh templatenya, sehingga kamu tidak harus pusing memikirkan hal apapun yang harus kamu lakukan dalam mendesain presentasi powerpoint.

Tapi jika kamu ingin mencoba untuk membuatnya sendiri, usahakan kamu tahu hal-hal penting dalam pembuatan presentasi yang layak dan menarik. Disini saya punya 7 Tips Membuat Slide Presentasi yang Baik dan Menarik, silahkan simak dengan baik agar kamu paham dan bisa membuat presentasi yang profesional dan menarik.

1. Gunakan Font Judul / Title Yang Mudah Di Baca

Setiap presentasi pasti terdapat beberapa tema bahasan dengan berbagai judul di dalamnya, maka dari itu pastikan ketika kamu membuat judul pada powerpoint gunakanlah font yang mudah terbaca dan jangan tergiur untuk menggunakan font yang unik tapi malah membuat tulisannya sulit untuk dibaca.

Penggunaan font yang biasa saja dan dipadukan dengan huruf yang tebal cukup untuk menjadikan tulisan judul menjadi mencolok dan istimewa. Sehingga ketika bagan powerpoint  ditampilkan pada publik, hal yang paling utama diperhatikan adalah konten yang paling menonjol. Dan judul yang mudah terbaca dengan ketebalan yang tepat, mampu membuat tarikan konten pada powerpoint terfokus pada judul terlebih dahulu.

2. Gunakan Text Atau Tulisan Sepentingnya

Penggunaan text atau tulisan pada powerpoint haruslah berbanding antara 3 banding 7, gunakan seperlunya dan berikan informasi seadanya. Karna presentasi yang terlalu banyak mengandung tulisan sangatlah tidak menarik dan relevan bagi audiens yang melihatnya.

Karna pembahasan dan narasi akan dibawakan oleh presenter yang menjadi aktor utama dalam presentasi tersebut. Maka dari itu ketika pembahasan sudah dimuat pada narasi maka tulisan pada presentasi seharusnya tidak terlalu banyak ditampilkan. Cukup berikan informasi yang penting seadanya.

3. Gunakan Desain Sederhana

Selalu saya ingatkan, faktor utama menariknya sebuah presentasi yakni tidak jauh dari sebuah kata yaitu desain. Jika desain presentasi menarik dan sangat cocok dengan konten yang ada di dalamnya maka itu sudah sangat baik sekali digunakan.

Perhatikan level pewarnaan shape, background dan warna tulisan agar seimbang dan menyatu padu. Karena tanpa keseimbangan konten dan desain dapat membuat isi dari powerpoint menjadi tidak menarik.

4. Maksimal Warna Palette Agar Tetap Konsisten

Pengoptimalan pada penggunaan warna sangatlah penting sekali, karena jika pada powerpoint terdapat banyak warna pada konten. Baik itu background, shape dan warna tulisan, akan sangat mempengaruhi keseimbangan dari konten kamu.

Karena tidak sedikit orang yang memiliki kekurangan atau kelebihan dalam melihat objek, ada yang merasa tidak bisa melihat jelas jika tulisan tertera pada latar berwarna merah atau ada juga orang yang tidak bisa fokus pada tulisan jika tulisan tersebut berwarna hijau.

Pastikan pewarnaan konten powerpoint kamu tetap konsisten dan tidak terlalu menggunakan banyak warna.

5. Percantik Bullet Point

Presentasi pada powerpoint pastilah memiliki banyak muatan grafik dan list dengan informasi-informasi penting didalamnya. Dengan format yang masih sederhana, fitur list pasti akan terasa kurang menarik dan kaku jika harus disesuaikan dengan konten-konten desain lainnya yang sudah terpasang.

Untuk itu, gunakanlah gambar atau icon pada bullet point list agar terlihat sangat menarik dan menyesuaikan dengan konten desain lainnya agar lebih stabil dan konsisten.

6. Gunakan Desain Diagram

Agar membuat presentasi kamu terlihat lebih menarik lagi, gunakanlah desain-desain diagram yang sudah tersedia pada powerpoint atau kamu bisa menggunakannya dari desainkit yang sudah dipercaya memiliki banyak template powerpoint yang pastinya akan lebih menarik dan interaktif.

7. Gunakan Animasi

Sentuhan akhir agar presentasi kamu terlihat lebih hidup dan interaktif, gunakanlah beberapa animasi pada konten powerpoint kamu, seperti text, shape atau konten lainnya. Gunakan animasi tersebut dengan baik dan benar agar tidak membuat mata lelah melihatnya.

4 pemikiran pada “7 Tips Membuat Slide Presentasi yang Baik dan Menarik”

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: