7 Tips PowerPoint Presentasi Lebih Menarik dan Efektif

3 menit waktu baca

Ketika melakukan penyampaian pada presentasi, satu hal yang paling utama kita perhatikan adalah efektifitas narasi dan konten presentasi. Karena presentasi yang baik dan bagus adalah presentasi yang mudah dicerna oleh banyak audiens sehingga inti dari permasalahan yang akan kita sampaikan dapat mudah tersampaikan.

Perlu kamu ketahui, banyak hal yang menjadi faktor penting kenapa presentasi tidak efektif dan membuat audiens kamu merasa kebingungan dengan apa yang kamu sampaikan, karna bisa jadi ada beberapa faktor yang tidak kamu perhatikan sehingga membuat presentasi tersebut sulit untuk dipahami dan tidak menarik sama sekali.

Inilah 7 Tips PowerPoint! Presentasi Lebih Menarik dan Efektif yang bisa kamu coba agar presentasi kamu tidak hanya efektif dapat dipahami audiens namun dapat menarik perhatian para audiens untuk mengetahui lebih lanjut isi dari presentasi tersebut.

1. Pemakaian Jenis Huruf/Font Dengan Baik dan Benar

Sangat penting sekali penggunaan huruf atau font pada presentasi, karna jenis huruf atau font tidak hanya mempercantik nuansa tulisan. Namun dapat membantu juga dalam penyesuaian desain presentasi tersebut agar tidak terlalu kaku dan menarik.

Harap perhatikan juga agar tidak terlalu banyak menggunakan beberapa jenis huruf font yang digunakan dalam presentasi, minimalisir gunakanlah 1 jenis font saja untuk tulisan body atau isi dan maximalkan cukup 2 font saja untuk tulisan header atau judul.

Dengan memperhatikan penggunaan jenis huruf atau font, kamu tidak hanya mempercantik konten presentasi yang akan kamu sampaikan. Namun dapat membantu para audien agar dapat membaca isi dari presentasi tersebut dengan mudah.

Hal yang paling ditakutkan jika kamu terlalu berlebihan dalam penggunaan huruf atau font adalah sulit terbacanya isi dari konten presentasi, sehingga banyak audien akan mengajukan beberapa pertanyaan karena kurang jelasnya huruf untuk dibaca.

2. Hindari Desain Background yang Mencolok

Jika tulisan sudah kamu perbaiki dengan benar dan baik, namun presentasi kamu tidak terlalu efektif dan banyak sekali audien yang mengajukan pertanyaan dengan pertanyaan yang sama sehingga banyak sekali orang yang mengikuti presentasi kamu tidak terlalu paham dengan apa yang kamu sampaikan.

Bisa jadi itu adalah penggunaan desain atau background yang mencolok, sehingga tulisan presentasi kamu tersamarkan dan banyak orang tidak bisa membacanya. Oleh sebab itu harap diperhatikan sekali jika desain atau background yang kamu gunakan tidak merusak isi dari konten kamu itu. Meminimalisir penggunaan background dengan warna yang tidak mencolok adalah hal yang tepat kamu lakukan untuk membuat presentasi lebih efektif dan menarik.

3. Gunakan Label pada setiap Bagan

Penggunaan label pada setiap bagan, dapat memberikan informasi tambahan sehingga audiens bisa paham dengan apa yang disampaikan. Sekaligus penanda agar tidak terjadi kesalahan penyampaian informasi ketika ketika slide di tayangkan.

4. Perhatikan Penggunaan Slide yang berlebih

Meminimalisir slide pada presentasi bukan berarti meminimalisir informasi yang akan kamu sampaikan. Namun, dapat mengurangi terganggunya aktivitas ketika kamu sedang dalam memberikan narasi atau informasi. Sehingga audiens akan merasa nyaman dan tidak lelah dengan melihat banyaknya aktivitas yang kamu lakukan.

5. Gunakan Ejaan atau Tata Bahasa Yang baik dan Benar

Presentasi dibuat untuk ditujukan pada orang lain atau audiens, oleh sebab itu gunakanlah ejaan dan tata bahasa yang baik dan benar. Karena tidak hanya mencerminkan kamu sebagai penulis yang berbudi luhur sopan dan santun. Presentasi dengan ejaan atau tata bahasa yg baik dapat membantu kamu untuk digunakan dalam bahasa negara lain.

Pikirkan apa jadinya jika presentasi kamu ditayangkan di negara lain dengan bahasa yang sama sekali tidak kamu kenali. Dengan ejaan dan tata bahasa yang baik, akan membantu sekali tulisan pada presentasi kamu agar bisa diterjemahkan dengan baik sesuai dari isi dan misi dari presentasi tersebut.

6. Gunakan grafik yang jelas dan mendetail

Jika pada presentasi kamu menampilkan beberapa grafik yang harus ditampilkan, usahakanlah grafik tersebut tidak terlalu monoton dan memiliki banyak informasi didalamnya. Sehingga tidak hanya memberi informasi tambahan pada audiens, namun dapat membantu juga ketika ada momen kamu terlupa pada narasi yang harus disampaikan.

7. Konten yang Konsisten

Maksud dari konten yang konsisten adalah keseimbangan warna, latar belakang, jenis huruf dan ukuran huruf harus diseimbangkan di setiap halamannya agar mampu memberikan sebuah presentasi yang berkualitas. Baik itu tulisan yang berkualitas, desain yang berkualitas dan slider yang tidak berlebihan.

Itulah beberapa tips powerpoint presentasi agar lebih menarik dan efektif. Semoga kamu bisa menerapkan dan nambah pengetahuan tentang powerpoint ini. Bila ada waktu luang lagi, bisa kamu baca tips membuat powerpoint biar lebih interaktif.

2 pemikiran pada “7 Tips PowerPoint Presentasi Lebih Menarik dan Efektif”

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: