9 Tombol Cepat Dalam PowerPoint yang Sering Digunakan

3 menit waktu baca

9 Tombol Cepat Dalam PowerPoint yang Sering Digunakan 

Jika Anda masih awam presentasi dengan PPT mungkin belum tahu bahwa terdapat variasi shortcut keyboard untuk mempercepat pekerjaan. Tidak perlu menghafal semuanya karena jumlahnya memang agak banyak. Cukup ketahui beberapa tombol cepat dalam PowerPoint yang sering digunakan.

Beberapa Tombol Cepat Dalam PowerPoint

Berikut beberapa pilihan tombol cepat yang bisa Anda gunakan dalam menjalankan PowerPoint:

  1. Shift + F5

Tombol cepat dalam PowerPoint ini berfungsi untuk membuka slide show. Umumnya orang awam akan melakukannya dengan mengklik icon yang ada di bagian bawah sebelah kanan. Sebenarnya cara tersebut mudah dan tidak terlalu ribet jika melakukannya saat presentasi karena hanya membukanya sekali.

Namun, saat masih dalam tahap membuat desain cara menekan icon akan cukup merepotkan. Pastinya Anda perlu sering membuka slideshow untuk menguji bagaimana penampakan tampilannya saat ada di slide. Pada kondisi seperti inilah tombol cepat Shift + F5 sangat membantu.

  1. CTRL + Mouse Scroll

Anda pasti perlu memperbesar dan memperkecil lembar kerja atau elemen tertentu saat sedang mendesain slide. Biasanya orang-orang akan melakukannya dengan menekan tanda zoom in (-) serta zoom out (+) yang berada di bagian pojok kanan bawah.

Untuk mempercepat pekerjaan tersebut Anda bisa menggunakan tombol cepat dalam PowerPoint CTRL + Mouse Scroll down untuk memperkecil atau perbesar dengan cara sama namun gulirkan mouse keatas.

  1. Ctrl + G

Kegunaan shortcut keyboard PPT ini yaitu untuk mengelompokkan beberapa objek yang ada pada slide agar menjadi satu. Biasanya orang awam akan menyeleksi objek-objek tersebut terlebih dahulu. Selain itu mereka juga mengklik salah satunya lalu menekan Ctrl kemudian klik kanan dan menekan group.

Cara tersebut sejatinya memang sah-sah saja namun jika terdapat alternatif yang lebih mudah dan cepat maka tidak salah juga jika Anda mulai memanfaatkan tombol Ctrl + G.

  1. Ctrl + Shift + G

Tombol ini merupakan kebalikan dari Ctrl + G. Shortcut keyboard PowerPoint Ctrl + Shift + G berfungsi untuk membuka objek-objek yang sebelumnya sudah Anda kelompokkan menjadi satu atau singkatnya berguna saat ingin melakukan Ungroup.

  1. Ctrl + K

Ini merupakan tombol cepat PowerPoint favorite bagi mereka yang sering menggunakan hyperlink. Cukup tekan Ctrl + K maka pekerjaan memasukkan link pada objek atau elemen pada slide akan jauh lebih cepat.

Cara menggunakannya pun mudah yaitu tekan elemen atau objek yang ingin Anda sisipi link. Setelah itu silahkan klik tombol Ctrl + K maka pasti akan langsung muncul jendela untuk memasukkan alamat URL.

  1. Shift + F9

Salah satu prinsip desain yang perlu Anda jaga yaitu perataan atau penjajaran supaya slide tampak lebih rapi. Untuk memudahkan penerapannya orang awam akan mengaktifkan gridlines dengan mengklik opsi View pada tab menu kemudian mencentang pilihan tersebut.

Anda harus melalui 2 langkah begitupun jika ingin menonaktifkannya. Padahal terdapat tombol cepat Ctrl + F9 yang bisa meringkasnya hanya dengan satu kali tekan.

  1. Ctrl + D

Umumnya untuk menduplikasi elemen maupun objek pada slide PowerPoint orang-orang akan melakukan copy kemudian klik paste atau menekan tombol Ctrl C lalu Ctrl V. Jika Anda ingin mengerjakannya dalam satu langkah maka tekan saja Ctrl + D.

Cara menggunakannya yaitu seleksi terlebih dahulu objek yang ingin Anda duplikasi. Setelah itu langsung tekan tombol cepat dalam PowerPoint Ctrl + D maka elemen tersebut sudah terduplikasi secara otomatis.

  1. Tab

Saat sedang mendesain slide presentasi bisa jadi Anda terlalu banyak menambahkan objek sehingga tidak jarang antara satu dan lainnya saling tumpang tindih. Melakukan editing pada kondisi tersebut cukup merepotkan sekaligus membuang waktu.

Namun, jika memanfaatkan tombol cepat dalam PowerPoint satu ini maka permasalahan seperti itu dapat selesai dengan mudah dan cepat. Cukup klik pada satu objek lalu tekan Tab untuk menemukan elemen yang Anda maksudkan.

  1. Ctrl + M

Saat ingin membuat lembar kerja baru sebagian orang akan menekan Enter pada keyboard. Ternyata ada cara lain yang juga sering digunakan oleh banyak pengguna PowerPoint yaitu menggunakan tombol cepat Ctrl + M.

Itulah beberapa tombol cepat dalam PowerPoint yang sering digunakan. Selain itu masih banyak shortcut keyboard lainnya namun Anda bisa mulai mempercepat pembuatan slide presentasi dengan menghafal beberapa poin di atas terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar

error:

Download 2.227+
Template PowerPoint Gratis!!

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: