Tutorial Cara Membuat Poster Di Canva, Bisa Langsung Jadi!

Penggunaan poster saat ini memang kerap dibutuhkan. Mulai dari poster bertema politik, kesehatan, event seminar, dan lain-lain. Pada artikel ini, akan dijelaskan sekilas mengenai cara membuat poster di Canva. 

Dulu, butuh desainer digital untuk membuat satu poster yang menarik. Sekarang, hanya butuh memakai satu website atau aplikasi yaitu canva. Sebenarnya cukup mudah karena ada banyak template yang bisa digunakan, berikut ini cara pembuatannya:

1. Buka Website / Aplikasi Canva

Langkah awal untuk membuat poster di Canva, tentu saja harus membuka websitenya terlebih dahulu. Mungkin masih ada pembaca yang tidak tahu apa itu Canva. Website Canva yaitu www.canva.com

Canva bisa dibilang sebagai website untuk membuat desain grafis. Ada banyak hal yang bisa dilakukan olehnya yaitu pembuatan logo, poster, konten medsos, dll. Jadi tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan desainer baik pemula maupun profesional.

Jika dalam suatu kondisi, para desainer tidak membawa laptop. Maka bisa menggunakan aplikasi Canva yang bisa di-install pada hp android. Dengan begitu, pengguna masih bisa mendesain melalui hp androidnya.

2. Buat Akun

Pengguna Canva memang diwajibkan untuk melakukan login supaya bisa menikmati fasilitas didalamnya. Login bisa dilakukan jika pengguna melakukan pendaftaran / sign up terlebih dahulu.  Pendaftarannya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan email.

Setelah pendaftaran dilakukan, maka pihak Canva akan memberikan email balasan. Email balasan ini berisi perintah melakukan konfirmasi bahwa pemilik email yang benar-benar mendaftarkannya.

3. Pilih Template Sebagai Langkah Awal Cara Membuat Poster Di Canva

Setelah login ke Canva, maka langkah selanjutnya yaitu pilih kategori poster. Pilih template poster sesuai selera dan kebutuhan. Pengguna juga bisa melakukan pencarian di menu search untuk mempermudah pencarian template.

Misalnya, pengguna ingin mencari poster promo “flash sale harbolnas”. Maka masukkan kata ke menu search yaitu “promo flash sale”. Akan muncul berbagai template yang berkaitan dengan kata pencarian tersebut.

Saat memilih template, pastikan juga bahwa template tersebut berbayar atau tidak. Jika pengguna ingin yang gratis tetapi salah memilih template yang berbayar. Maka hasil desain nantinya tidak akan bisa di-download.

4. Desain Sesuai Kreatifitas

Dalam proses menerapkan cara membuat poster di Canva, tentu pengguna harus mengandalkan kreatifitasnya. Template yang disediakan memang bagus, namun akan lebih bagus jika ditambah desain hasil kreatifitas.

Ada banyak tools desain yaitu tambahkan gambar dan teks. Serta tools berkaitan edit warna, ukuran poster, font teks, garis atau pola, dan lain-lain.

Penambahan gambar bisa dari gambar yang diupload sendiri. Namun bisa juga memakai gambar yang sudah disediakan oleh Canva. Gambar yang sediakan juga banyak yang bagus dan menarik.

5. Simpan & Share Hasil Desain Poster

Setelah pengguna sudah yakin dengan hasil desainnya, maka bisa menyimpannya. Hasil desain tersebut sebenarnya sudah tersimpan dalam website canva melalui fitur auto save-nya. Namun untuk bisa dicetak, pengguna perlu men-download-nya.

Cara download-nya cukup mudah, yaitu tekan tombol download. Kemudian pilih format file nya seperti JPG, JPEG, dll. Apabila template yang digunakan gratis, maka bisa langsung di-download.

Namun, apabila template yang dipakai berbayar, maka pengguna harus membayarnya terlebih dulu. Setelah selesai download, pengguna bisa share hasil posternya dan dicetak.

Demikian 5 cara membuat poster di Canva yang cukup mudah dilakukan. Bahkan oleh seorang desainer pemula. Jika sudah mahir membuat poster, maka lanjutkan dengan membuat desain-desain lainnya dengan menggunakan Canva.

Bagikan

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: