Cara Mengatur Ukuran Slide Power Point 2007

Power point adalah sebuah perangkat lunak (software) yang sangat membantu dalam membuat presentasi. Saat ini, kamu juga sudah bisa mengatur ukuran slide power point sendiri. Sudah banyak juga vendor yang membuat layanan presentasi, salah satunya adalah Microsoft.

Microsoft adalah perusahaan ternama yang bergerak di bidang teknologi komputer. Produknya sudah dipakai ratusan juta orang dari seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Pada Microsoft Power Point sendiri ada banyak fitur yang sudah disediakan. Fitur tersebut terdiri dari pengaturan template, tata letak, dan lain sebagainya. Dengan semua fitur ini, kamu bebas membuat materi presentasi sesuai dengan kekreativitasan yang ada.

Mengatur Ukuran Slide Power Point

Ada banyak peralatan untuk mendesain tata letak dari slide power point. Salah satunya adalah pengaturan ukuran yang dibagi menjadi beberapa tipe. Tipe ini dibagi menjadi klasifikasi, yaitu berdasarkan perbandingan rasio dan ukuran kertas.

Setidaknya ada dua rasio yang sering digunakan dalam presentasi, yaitu 4:3 dan 16:9. Kedua ukuran ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan kamu dalam presentasi nanti. Lalu, bagaimana cara mengaturnya?

Mengatur Ukuran Slide PPT 2007

Untuk mengatur ukuran slide power point, biasanya setiap versi dari ppt memiliki cara yang hampir sama. Untuk versi 2007 sendiri caranya bisa terbilang cukup simpel. Berikut adalah langkah-langkah dalam mengatur ukuran slide power point:

1. Buka aplikasi power point lalu buatlah file baru yang masih kosong

2. Klik tab ‘design’ untuk membuka fitur desain tata letak

ukuran slide power point

3. Pilih ‘page setup‘ untuk membuka pengaturan halaman

ukuran slide power point

Di sini, kamu sudah masuk ke bagian dimana harus mengatur rasio dan opsi lainnya. Atur terlebih dahulu segala Kebutuhan tata letak presentasi. Bagaimana cara mengaturnya?

1. Pada bagian ‘slides size for’, pilih ukuran yang cocok untuk presentasi kamu. Ada beberapa pilihan ukuran yang tersedia. Untuk mengatur rasio, carilah ‘show on screen’ dan pilih rasio yang tepat

ukuran slide power point

2. Jika semuanya sudah selesai, klik pada tombol ‘ok‘ untuk mengaplikasikannya pada slide power point. Secara otomatis akan diterapkan ke seluruh slide yang ada nanti.

Baca juga : cara membuat slide power point

Mengatur Ukuran Slide di Versi Terbaru

Untuk versi terbaru dari microsoft power point, mungkin ada sedikit langkah yang berbeda. Untuk informasi lebih lanjut lagi, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka microsoft power point di laptop / PC dan buat file baru
  2. Pilih tab ‘design‘ untuk membuka peralatan mengatur tata letak
  3. Pilih ‘slide size‘ atau ‘ukuran slide‘ pada bagian kustomisasi untuk membuka pengaturan slide
  4. Di sini, kamu sudah bisa memilih apakah ingin memilih 4:3 atau 16:9. Pilih sesuai kebutuhan

Jika muncul peringatan bahwa tidak dapat menyesuaikan otomatis, pilih ‘maksimalkan’ atau ‘paskan ke layar’. Apa yang membedakan dua pilihan ini?

Maksimalkan, artinya konten yang ada di dalam presentasi akan ditampilkan secara maksimal. Kekurangannya adalah konten menjadi tidak pas ketika presentasi dimulai sehingga harus disusun manual.

Paskan ke layar, artinya setiap konten akan dipaksa untuk menyesuaikan dengan kondisi layar. Opsi ini bisa menjadi pilihan terbaik kamu dalam membuat presentasi. Baik ukuran 4:3 atau ukuran 16:9, semuanya bisa diatur kembali jika ingin diubah.

Selain menggunakan rasio 4:3 dan 16:9, ada juga ukuran lainnya. Ukuran tersebut adalah A5, B5, dan lain-lain yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa mengatur custom secara manual apabila memiliki ukuran sendiri.

Mengatur Background Power Point

Selain mengatur rasio, background atau latar belakang juga tidak kalah pentingnya. Latar belakang akan mendukung materi presentasi yang ingin disampaikan. Lalu, bagaimana cara untuk menerapkan background di power point?

Mengatur Background

Pada dasarnya, ada beberapa background oleh pihak Microsoft yang bisa dipakai secara bebas. Tapi, apakah bisa memilih background sendiri? Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi microsoft power point lalu buat file baru

2. Klik kanan pada daftar slide yang ingin diberikan background lalu pilih ‘format background

ukuran slide power point

3. Nanti akan muncul beberapa opsi pengaturan gambar. Di sini, kamu harus memilih bagian ‘picture or textures

ukuran slide power point

4. Klik tombol ‘file‘ untuk membuka penjelajah berkas

5. Pilih foto atau gambar yang ingin dijadikan background slide

6. Agar bisa terpasang di semua slide, kamu harus klik di tombol ‘apply to all’. Tombol ini ada di paling bawah pengaturan format background. Lewati langkah ini jika kamu hanya ingin memasang background di satu slide saja.

Baca juga : cara membuat sertifikat dengan powerpoint

Background Solid Color

Solid color adalah jenis warna yang hanya terdiri dari satu jenis saja. Warna ini akan diaplikasikan ke seluruh slide yang dituju secara bersamaan. Untuk mengatur solid color, berikut adalah caranya:

1. Klik kanan daftar slide yang ingin diberikan background untuk membuka menu

2. Pilih ‘format background‘ untuk membuka pengaturannya.

ukuran slide power point

3. Pilih bagian ‘solid fill‘ dan klik ikon ember cat untuk memilih warna background. Pilih sesuai dengan keinginan serta kebutuhan ppt.

ukuran slide power point

4. Klik ‘apply to all‘ apabila ingin diterapkan ke seluruh slide.

Dalam memilih warna solid, pastikan kamu memikirkannya dengan betul. Pilih warna yang kontras dengan konten presentasi nanti. Jika tidak, ditakutkan format konten dan background akan terlihat menyatu.

Background Warna Gradasi

Jika sebelumnya ada warna solid, maka berikutnya ada warna gradasi. Warna gradasi ini banyak dipilih karena memiliki kesan yang menarik. Perpaduan warna akan membuat konten presentasi semakin nyaman dilihat.

Warna gradasi sendiri adalah beberapa warna yang saling menyatu namun tidak tercampur. Gradasi ini busa diarahkan, entah itu dari atas ke bawah, kiri ke kanan, atau arah lainnya. Lalu, bagaimana cara mengatur background gradasi di ppt?

1. Sama seperti sebelumnya, klik kanan di bagian slide yang akan diberikan background

ukuran slide power point

2. Ketika pengaturan format terbuka, pilih ‘gradient fill‘ untuk membuka menu gradasi

ukuran slide power point

3. Di sini, kamu akan diperlihatkan beberapa susunan warna yang bisa digunakan. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan presentasi dan konten kamu.

4. Klik ‘apply to all‘ apabila kamu ingin menerapkannya ke semua slide presentasi

Ukuran Background

Apakah ada ukuran tertentu dalam menyiapkan background? Sebetulnya background bisa langsung diterapkan sesuai dengan ukurannya. Jadi, cobalah untuk membuat dimensi gambar yang sesuai sebelum diterapkan ke ppt.

Agar presentasi lebih cantik, jangan lupa untuk memainkan transparansi. Kadar transparan ini juga bisa berpengaruh ke kualitas tampilan konten presentasi. Atur juga komposisi lainnya seperti tata letak, gambar, dan lainnya.

Sebagai tips, cobalah membuat rasio gambar yang sesuai dengan rasio ppt. Dengan begitu, ukuran background ppt bisa sempurna. Pengaturan ini bisa dilakukan menggunakan aplikasi editor foto di perangkatmu.

Itulah penjelasan tentang cara mengatur ukuran slide power point beserta backgroundnya. Walaupun berbeda versi, seharusnya cara penerapan masih tidak jauh berbeda. Jadi, cobalah untuk mengamati bagian setiap bagian dengan teliti.

Bagikan

Satu pemikiran pada “Cara Mengatur Ukuran Slide Power Point 2007”

Tinggalkan komentar

RajaBackLink.com

Jangan Pergi Dulu!!
Anda Dapat Template PowerPoint Gratis Nih!!

DesainKit

Cukup Masukkan Nama Lengkap
dan Email Aktif Anda dibawah ini: